Ui Buka Kesempatan Kuliah Online Untuk Mahasiswa Indonesia Universitas Indonesia

Yap, lewat sistem ini, kita sebagai mahasiswa nggak perlu lagi, tuh, repot-repot datang ke kampus untuk belajar ataumengumpulkan tugas mingguan. Soalnya, hal- hal tersebut sudah bisa kita lakukan di rumah, hanya dengan bantuan laptop computer atau PC, lengkap dengan koneksi internet yang stabil. Hal tersebut juga dikatakan oleh Dekan Fakultas Ekonomi dan Sosial, Emha Taufiq Luthfi, setiap prodi telah menyiapkan berbagai metode dalam perkuliahan online, namun pihaknya masih akan terus melakukan evaluasi. Ia juga mengaku telah menemukan kendala perkuliahan pada dua minggu pertama pelaksanaan perkuliahan online.

Kuliah Online

Sedangkan untuk mengisi kehadiran, Jessica menjelaskan dirinya harus menjawab pertanyaan atau memberikan pendapat mengenai topik pembelajaran yang sedang berlangsung. Sejak tanggal 17 Maret 2020, mahasiswa IPB University belajar dari rumah secara online. Kuliah on-line di IPB University dilakukan secara asynchronous (dosen dan mahasiswa tidak berinteraksi secara real-time) dan synchronous (dosen dan mahasiswa berinteraksi secara real-time). Selama lebih dari sembilan bulan melakukan kuliah on-line, Farhah Azizah Salsabila, mahasiswa IPB University dari Departemen Konservasi Sumberdaya Hutan dan Ekowisata memotret berbagai hal yang ia alami selama kuliah. Maklum, virus corona atau covid-19 membuat aktivitas perkuliahan di Kampus Peradaban tersebut dihentikan untuk sementara oleh rektorat. FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Mahasiswa Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar pasrah.

Dengan metode blended studying, proses belajar menjadi sangat fleksibel dan mudah sehingga memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi mahasiswa maupun dosen. Artinya, kamu harus tetap belajar dengan rajin dan tidak mudah menyerah. Beruntung, perkembangan ilmu dan teknologi yang ada semakin memudahkan proses belajar yag efektif.

Bangun suasana yang baik layaknya datang ke kampus sehingga mood belajar menjadi lebih positif dan pikiran pun dapat terbuka lebar. Akibatnya, mahasiswa menjadi kurang peduli dan tidak aktif untuk berdiskusi, bahkan ada yang beranggapan “yang penting hadir aja”. Tidak semua mahasiswa memiliki fasilitas yang memadai untuk menunjang pembelajaran secara on-line dan tidak semua wilayah di Indonesia memiliki koneksi web yang stabil.

Untuk jenjang S1/Sarjana, mahasiswa reguler biasanya bisa menyelesaikan kuliah paling cepat dalam kurun waktu three,5 hingga 4 tahun. Jadi, bila sekarang kamu berstatus pekerja, baik pekerja lepas maupun paruh waktu, kuliah on-line bisa menjadi solusi tepat. Kamu tak perlu lagi bingung untuk memikirkan bagaimana cara membagi waktu antara dua kegiatan tersebut.

Robi