Kuliah Offline Maupun On-line Diperbolehkan Mulai Januari 2021, Ini Kelebihan Dan Kekurangannya

Hal ini menjadi tantangan dosen bagaimana menciptakan suasana kelas yang menyenangkan serta tidak membosankan, bahkan ada beberapa teman yang bisa sampai ketiduran mendengar penjelasan dari dosen. Pandemi mengharuskan kita beradaptasi dengan berbagai perubahan di berbagai kegiatan, termasuk proses pembelajaran. Sesuai dengan kebijakan dari pemerintah, proses perkuliahan di tengah pandemi akan dialihkan ke dalam bentuk on-line. Sudah berjalan beberapa bulan, proses perkuliahan online ini nyatanya masih menghadirkan berbagai keluhan.

Hal ini juga akan membantu kamu mengingat dan mengulang kembali materi saat belajar ujian nantinya. Mencatat materi penting juga termasuk salah satu cara menjadi mahasiswa produktif di tengah kuliah online. Meskipun tidak melakukan kuliah dengan bertatap muka secara langsung, mencatat poin-poin penting yang disampaikan oleh dosen bisa membuat kamu lebih memahami mata kuliah tersebut. Selain itu menulis catatan juga terbukti menjadi teknik belajar yang efektif agar mudah memahami materi atau mata kuliah. Pastikan untuk selalu menyimak dan mendengarkan setiap materi yang disampaikan oleh dosen. Melalui portalelearning,mahasiswadapat mengambil perkuliahan tanpa perlu datang ke kampus; Sementara itu, memfasilitasidosendalam mendukung proses belajar siswa.

Dalam topik ini juga akan membahas terkait dampak kecemasan pada kesehatan dan janinnya, ideas dan trik menghindari kecemasan saat hamil dan kiat-kiat mencegah infeksi virus covid-19 pada ibu hamil. Oleh karena itu untuk mengetahui itu semua, bapak/ibu sekalian saya harapkan dapat mengikuti kuliah ini. Saya sendiri beranggapan bahwa kuliah daring sebenarnya adalah hal yang bagus untuk media pembelajaran. Hanya sja masih banyak oknum dosen yang hanya mencoba mempersulit mahasiswa dengan memberikan banyak tugas. Hal ini menimbulkan polemik di kalangan mahasiswa, dikarenakan tugas yang diberikan saat kuliah on-line seringkali membahayakan kesehatan mahasiswa. Berdasarkan survei yang saya lakukan lebih dari 90% mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakartan merasa bahwa sejatinya kebijakan tersebut kurang efektif.

Kuliah Online

Kondisi tersebut biasanya akan dialami oleh para pekerja yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi atau ingin mengasah kemampuan mereka di bidang tertentu. Tidak sedikit yang mengurungkan niat untuk menimba ilmu, pasalnya, belum banyak kantor yang memberikan kelonggaran terhadap karyawan mereka untuk bisa kuliah sambil bekerja. Munculnya pandemi COVID-19 menyebabkan IPB University harus bertransformasi bahkan melakukan revolusi dalam proses pembelajaran atau revolutionize training. Penyebaran virus korona baru memaksa mahasiswa untuk mengikuti pembelajaran jarak jauh.

Indonesia Cyber Security Institute menggandeng belasan perguruan tinggi untuk menggelar kuliah daring. Semua orang dapat mengakses mata kuliah dari kampus-kampus yang tersedia. Top-up kuota internet kamu di SimobiPlus agar proses belajar berjalan lancar. Dengan SimobiPlus, kamu bisa lakukan macam-macam transaksi, mulai dari top-up pulsa/paket data/e-wallet, bayar tagihan Tokopedia/PLN/pulsa pascabayar/PDAM/MyRepublic, dan pembayaran di merchant dengan scan QRIS.

Salah satu sosiolog, Tya Pamungkas, berpendapat bahwa kebijakan kuliah online yang bertujuan menekan penyebaran virus corona dinilai kurang efektif diterapkan di Indonesia. Dia mengatakan, kuliah on-line justru membuat mahasiswa terbebani terutama mahasiswa yang akses internetnya terbatas. Berbeda dengan mahasiswa prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia semester 4, Alditya Arya Saputra. Menurutnya, menjalani kuliah online memiliki suka dan duka tersendiri. Dalam kuliah online, meskipun ada kendala dosen tetap dapat menjalankan pengajaran karena dapat dilakukan dimanapun. Tidak seperti kuliah langsung jika dosen tidak dapat hadir diperlukan kelas pengganti.

Hal ini dikarenakan mahasiswa memiliki pengetahuan teknologi yang selangkah lebih maju dan lebih mudah menerima berbagai macam perubahan. Dahulu untuk mendapatkan ijazah, kuliah diharuskan datang ke kampus untuk mendapat pembelajaran dari dosen. Menurut riset bertajuk e-Conomy SEA 2020 yang digarap Google, Temasek, dan Bain & Company, 8 dari 10 warga di Asia Tenggara memandang teknologi sebagai salah satu hal yang membantu di masa pandemi. Sebagian besar responden mahasiswa baik pria atau wanita cukup tertarik mengikuti kegiatan e-learning berupa webinar di luar yang diwajibkan perguruan tinggi. Sebanyak 28,7% responden kerap melakukan aktivitas ini sebulan sekali. Cerita berbeda disampaikan mahasiswa Administrasi Bisnis Universitas Diponegoro, Annisa Puspitasari.

Bahkan, Azhar juga menyampaikan cerita menarik, bahwa salah satu dosen Sosiologi yaitu Daniel Sparingga Drs., MA., Ph.D, sudah memprediksi sejak tiga minggu sebelum kuliah daring diberlakukan. Daniel menyampaikan kepada seluruh mahasiswa di kelas bahwa tidak lama lagi akan muncul keputusan pemerintah terkait kebijakan pembatasan kerumunan di Indonesia sehingga kelas-kelas akan ditutup dan diganti dengan perkuliahan daring. Tiga minggu kemudian, prediksi tersebut benar adanya ketika pemerintah mengeluarkan keputusan pembatasan kerumunan dan meliburkan seluruh institusi pendidikan di Indonesia. Salah satu teknologi informasi dan komunikasi yang berkembang pesat saat ini adalah internet. Di institusi pendidikan, web juga digunakan sebagai media pembelajaran. Pada saat ini, pemakaian teknologi komputer dalam bidang akademik khususnya pada kegiatan perkuliahan menjadi keniscayaan dan syarat utama untuk menunjukkan kualitas bidang akademik sebuah universitas.

Robi