Bismillah Kamis, 05 November 2020. 3m Menghindari Covid

Penerapan 3M yang paling utama adalah menjaga jarak atau social distancing dengan jarak minimal 1 meter, termasuk dengan menghindari kerumunan. Lonjakan kasus Covid-19 juga membuat pemerintah memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (​PPKM) skala mikro. Dalam hal ini, kembali diingatkan pentingnya peran masyarakat dalam lingkungan terkecil yakni rukun tetangga dan rukun warga untuk menekan penyebaran virus corona. Tidak semua orang yang terinfeksi virus covid-19 akan meninggal. Ada orang yang berhasil sembuh berkat kondisi imunnya dan layanan kesehatan baik. Untuk menjaga imunitas tubuh tetap dalam kondisi prima maka jangan sampai kita kurang istirahat dan makan makanan bergizi serta berolah raga.

Sehingga desa dapat dioptimalkan untuk membuat ketahanan sosial baik dari segi pencegahan penyebaran Covid-19 maupun ketahanan ekonomi masyarakat desa dalam menghadapi pandemi ini. Apabila masker tidak tersedia saat sakit, Anda dapat mengikuti etika batuk dengan benar, yaitu menutupi mulut ketika batuk atau bersin dengan tisu atau menggunakan lengan tangan. Selain itu, ketika Anda merasa tidak enak badan, cobalah untuk berdiam diri di rumah dan gunakan masker ketika sakit. Dengan begitu, Anda tidak menularkan infeksi virus kepada orang lain dan tidak tertular penyakit saat tubuh dalam keadaan tidak sehat. Selain mencuci tangan, cara lainnya untuk mencegah COVID-19 adalah mengurangi hingga mencegah kontak dengan orang sakit, seperti batuk, demam, dan bersin. Selanjutnya, bila ada anggota keluarga yang mengalami demam, batuk, dan pilek disertai sesak nafas, segera datangi rumah sakit atau fasilitas kesehatan untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Perilaku hidup bersih dan sehat yang dapat diterapkan yakni dengan membiasakan diri mencuci tangan, setiap sebelum dan sesudah beraktivitas. Mencuci tangan dilakukan pada air mengalir dan dengan menggunakan sabun. Selain itu juga dapat dilakukan dengan pembersih tangan berbasis alkohol, yang berperan sebagai disinfektan. JawaPos.com – Menjelang Hari Raya Natal dan Tahun Baru masyarakat diminta untuk selalu menerapkan protokol kesehatan.

Selain itu, POGI JAYA juga meminta agar pihak Rumah Sakit memerhatikan keselamatan para tenaga medis yang sedang hamil saat bertugas. Prioritas alat peralatan keselamatan harus diutamakan bagi para tenaga medis yang sedang hamil tersebut. Virus corona mampu bertahan lama di berbagai macam benda, misalnya di kertas bertahan selama 4-5 hari, di plastik 5 hari, di kayu dan kaca selama 4 hari. Maka dari itu, kebersihan kios harus dijaga dengan cara menyemprotkan desinfektan secara berkala. Untuk sementara waktu meniadakan upacara rutin atau kegiatan yang mengumpulkan banyak orang pada saat bersamaan. Apabila harus diselenggarakan rapat tatap muka karena urgensi yang sangat tinggi, maka perlu memperhatikan jarak aman antar peserta rapat .

Menghindari Covid

Jika kondisi tubuh kurang fit, sebaiknya kamu tidak memaksakan diri untuk keluar rumah. Lebih baik pilih untuk tinggal di rumah untuk memulihkan kondisi fisik agar kembali prima. Namun pastikan penggunaannya benar, yakni masker tersebut harus menutupi mulut dan lubang hidung. jika menyentuh permukaan yang sering disentuh orang, seperti tombol raise atau gagang pintu, kamu bisa gunakan hand sanitizer terlebih dulu.

Artinya, menjaga jarak harus tetap dilakukan terhadap orang-orang yang tidak tinggal bersama kita setidaknya dua meter. Hal ini dilakukan untuk mengurangi kemungkinan menghirup droplet orang lain mencapai. Cara sederhana kelima untuk mencegah penularan Covid-19 adalah menghindari kerumunan. Salah satu cara terpenting untuk mencegah penyebaran Covid-19 adalah mengurangi jumlah waktu yang kita habiskan bersama orang-orang yang tidak tinggal satu rumah dengan kita. Tapi, jika memakai dua masker tak masalah, maka itu akan lebih baik daripada menggunakan satu masker. Organisasi Kesehatan Dunia menganjurkan untuk mencuci tangan sebelum dan ketika melepas masker, memastikan masker menutupi mulut, hidung, dan dagu, serta buang masker bekas pakai di dalam kantung plastik sebelum dIbuang.

Tindakan pertama yang dapat dilakukan untuk menangkal virus corona adalah dengan rajin mencuci tangan. Sebab, tangan adalah salah satu anggota tubuh yang menjadi sumber penyakit. Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito meminta masyarakat melakukan upaya pencegahan penyebaran varian baru virus corona. Sementara itu, WHO menyarankan untuk menjaga jarak dengan orang lain sejauh 1 sampai three meter, terlebih jika ada orang yang batuk dan bersin. Terlebih, dalam situasi pandemi COVID-19 seperti sekarang ini, masker medis yang digunakan mestinya yang sesuai dengan standar dari Kementerian Kesehatan. Hal ini berguna untuk menghindari terjadinya penularan virus Corona.

Robi